>

Kamis, 24 Januari 2013

DAMPAK BANJIR BAGI MANUSIA DAN LINGKUNGAN




A.    Pengertian Banjir
Banjir didefinisikan sebagai luaoan air yang besar dari sebuah badan air sehinggga menggenangi daerah sekitarnya yang pada hari-hari biasa kering. Apa yang dimaksud dengan “badan air” di sini? Bada air adalah tempat air berada, baik yang diam, bergerak ataupun mengalir. Jadi, badan air bukanhanya sungai. Selokan, saluran, kanal, sungai, atau bendunganpun dikelompokkan sebagai badan air. Danau dan laut dapat pula dimasukkan kedalamnya.
Banjir merupakan fenomena alam yang biasa terjadi di suatu kawasan yang banyak dialiri oleh aliran sungai. Secara sederhana banjir dapat didefinisikan sebagainya hadirnya air di suatu kawasan luas sehingga menutupi permukaan bumi kawasan tersebut.
Dalam cakupan pembicaraan yang luas, kita bisa melihat banjir sebagai suatu bagian dari siklus hidrologi, yaitu pada bagian air di permukaan Bumi yang bergerak ke laut. Dalam siklus hidrologi kita dapat melihat bahwa volume air yang mengalir di
permukaan Bumi  dominan ditentukan oleh tingkat curah hujan, dan tingkat peresapan air ke dalam tanah.

B.      Penyebab-Penyebab Banjir
a.Penggundulan Hutan di sekitar Daerah Aliran Sungai
b.Pertanian Intensif
c. Membuang Sampah di Sepanjang Sungai
d. Membangun Rumah dan Bangunan di Sempadan Sungai
Faktor-faktor di atas selanjutnya dapat menyebabkan hal-hal berikut :
a.) Besarnya air limpas masuk ke sungai        
b). Besarnya laju pendangkalan sungai
c).Terhambatnya aliran sungai
d).Menyempitnya aliran sungai
C.     Hubungan Timbal Balik Manusia Dengan Lingkungan dan Dampak Banjir
a.      Hubungan Timbal Balik
Dari penyebab-penyebab terjadinya banjir ada beberapa jenis bencana akibat rusaknya daya dukung lingkungan adalah sebagai berikut :
a. Kerusakan karena faktor internal, yakni kerusakan yang berasal dari alam sendiri. 
b. kerusakan karena faktor eksternal, yaitu kerusakan lingkungan yang berasal dari perilaku manusia.
b.      Dampak Banjir
Betapa merugikan akibat banjir bagi kehidupan orang yang kebanjiran khususnya  dan seluruh warga kota umumnya. Berikut ini dampak-dampak yang dapat di akibat kan oleh banjir :         
a.Korban Jiwa
b. Kerugian Harta Benda         
c. Kerugian Sektor Pertanian dan Perkebunan
d. Kerugian Sektor Transportasi
e. Kerugian Sektor Perdagangan dan Industri
f. Kerugian Sektor Pendidikan
g. Kesehatan

D.      Penanggulangan dan Pencegahan
Partisipasi masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan dampak banjir di Kota Jakarta khususnya bisa dalam beberapa bentuk.
a) Dalam hal pencegahan banjir dalam jangka panjang masyarakat bisa menanam pohon di setiap jengkal tanah yang kosong. Tentu harus disertai juga dengan upaya untuk melestarikannya.
b) Hal yang tak kalah penting untuk mencegah banjir adalah dengan membuang sampah secara benar.
c) Dalam jangka pendek, upaya yang bisa dilakukan masyarakat untuk mencegah banjir adalah dengan kerja bhakti untuk mengeruk sungai dan saluran di dekat rumah masing-masing. 
d) Masyarakat bisa juga melakukan kerja bakti dengan memperbaiki titik-titik pada tanggul-tanggul sungai yang besar yang mulai terkikis air. 
e) Peran masyarakat yang lebih strategis untuk mengontrol kebijakan pemerintah yang bisa menyebabkan banjir harus pula dilakukan. 
f) Masyarakat juga bisa berpartisipasi untuk penanggulangan dampak banjir. Banyak hal-hal yang bisa dilakukan untuk penanggulangan dampak banjir ini misalnya dengan berkoordinasi dengan kelurahan atau kecamatan setempat melakukan upaya-upaya secara bergiliran semacam siskamling memantau gejala-gejala banjir.                                             

     Sumber reverensi,
                  Purwanto...(2007). Awas banjir.Jakarta : PT Pustaka Utami Grafiti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar