>

Kamis, 24 Januari 2013

EFEK SAMPING PARFUM BAGI KESEHATAN


Parfum tentunya banyak dipakai setiap orang agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap dan terlihat percaya diri. Namun apakah kalian sadar parfum yang sering kita gunakan ada bahayanya untuk kesehatan kita. Didalam parfum terdapat lebih 500 lebih bahan kimia yang bias meracuni tubuh menjadi bahan dasar parfum. Tidak hanya asap rokok, ditempat umum juga melarang orang yang masuk memakai parfum dan wewangian lainnya.
Pasalnya dari hasil penelitian, parfum pun dapat menciptakan polusi udara atau popular disebut “polusi parfum”. Selain dituding sering memberikan kontribusi terhadap alergi ringan, seperti bersin atau mata berair, aroma kimia parfum juga dapat membawa pada suatu kondisi di mana kulit menjadi merah, sakit, atau meradang setelah kontak langsung dengan zat itu. Dalam kasus-kasus terburuk juga dapat menyebabkan depresi.
Salah satu bahan yang terkandung  adalah peraben. Peraben biasanya terkandung di dalam antiperspirant dan deodorant serta berbagai produk kosmetika lainnya. Korelasi antara peraben dengan kesehatan adalah bahwa peraben merupakan salah satu bahan yang dapat memicu kanker payudara. Paraben dalam produk kosmetika dapat berwujud sebagai wewangian. Pewangi ini mengandung lebih dari 2.000 zat kimia, termasuk yang bersifat karsinogen (pemicu kanker) dan racun lainnya, demikian menurut sebuah lembaga riset kesehatan kosmetika di Amerika.
Parfum tidak hanya berbahaya pada wanita saja namun pada pri, salah memilih parfum bisa membuat sperma tidak sehat yang berakibat kemandulan.
Beberapa zat kimia yang memberi aroma khusus dalam cologne ternyata bisa merusak kualitas sperma. Fakta ini diketahui dari hasil penelitian sebuah Lembaga Konsumen di Amerika Serikat yaitu Environmental Working Group.
Beberapa bahan kimia yang biasa terkandung dalam parfum:
Ethanol, benzaldehyde, benzyl acetate, a-pinene, acetone, benzyl alcohol, ethyl acetate, linalool, a-terpinene, methylene chloride, a-terpineol, camphor, dan limonene .
Jadi, aroma parfum atau wewangian tubuh lainnya yang dianggap bisa membuat pemakainya lebih atraktif, ternyata juga bisa mengganggu kesehatan. Setidaknya, untuk menyeimbangkan racun yang masuk ke dalam tubuh, sebaiknya Anda lindungi tubuh dengan asupan makanan yang mengandung antioksidan tinggi, seperti buah-buahan dan sayuran. (Marliawati)
 
Sumber :
http://memantau.blogspot.com/2012/07/bahaya-parfum-bagi-kesehatan.html
http://www.tempo.co/read/news/2012/09/20/060430692/Bahaya-di-Balik-Harumnya-Parfum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar