>

Rabu, 02 Januari 2013

PENYAKIT COLIBACILLOSIS




Colibacillosis

Penyebab penyakit ini adalah Escherichia coli. Problem yang ditimbulkan dapat infeksi akut berat dengan kematian yang tiba-tiba dan angka kematian yang tinggi hingga infeksi ringan dengan angka kesakitan dan kematian yang rendah.infeksi dapat terjadi pada saluran pernapasan, Septicemia atau Enteritis karena infeksi pada Gastrointestinal. Penyakit ini dapat berdiri sendiri atau diikuti oleh infeksi sekunder. Infeksi sekunder yang menyertai penyakit ini adalah Mycoplasma gallisepticum. Semua umur dapat terkena penyakit ini, namun yang paling banyak adalah ayam usia muda.
Gejala yang ditimbulkan pada penyakit ini disebabkan oleh toksin yang dikeluarkan oleh bakteri akibat pertumbuhan dan multiplikasi. Invasi primer terjadi pada system pernapasan dan system gastrointestinal. Omphalitis atau infeksi pada anak ayam terjadi karena penutupan tali pusat yang kurang baik atau karena invasi bakteri melalui cangkang telur pada saat inkubasi.

Berikut ini gejala yang timbul pada penyakit ini adalah:
  • napsu makan menurun
  • ayam lesu dan tidak bergairah
  • bulu kasar
  • sesak napas
  • kotoran banyak menempel di anus
  • diare
  • batuk

Pada septicemia akut dapat menyebabkan kematian yang tiba-tiba.

Pencegahan
Pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga sanitasi kandang seperti menjaga ventilasi udara, litter yang terjaga kebersihannya, secara teratur melakukan desinfeksi terhadap peralatan dan fasilitas lainnya. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga kualitas pakan dan air minum, kepadatan kandang harus diperhatikan, penanganan mesin penetas telur dan menjauhkan ayam dari stress yang dapat menurunkan daya tahan tubuh.


Pengobatan
Pengobatan Colibasillosis dapat dilakukan dengan obat-obat sulfa, neomisin, streptomisin dan tetrasiklin. Meskipun demikian, menurut info yang lain dikatakan pengobatan penyakit ini cenderung susah dan tidak menentu.
Bakteri dan virus dapat dicegah, dengan sanitasi dan vaksinasi yg teratur. Jika ada unggas yang mati disebabkan bakteri atau virus tersebut segera dibakar. Karena jika hanya dibuang atau dikuburkan bakteri dan virus akan cepat menyebar melalui vector pembusukkan daging. Untuk itu, dihimbau untuk para peternak untuk memperhatikan hal-hal kecil untuk pencegahan penyakit.
Sesi selanjutnya kami akan bahas beberapa virus pada unggas dan gejala yang ditimbulkan. Hal ini dimaksudkan agar para peternak dan masyarakat semakin waspada dengan penularan virus dan  bakteri dari hewan-hewan peliharaan (unggas,sapi,kerbau, anjing, kucing,dll). Karena penyakit pada hewan dapat menular ke manusia(Zoonosis), bahkan dapat menyebabkan kematian bagi manusia.
Sumber: buku ilmu penyakit unggas, zoonosis, ilmu penyakit dalam veteriner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar