>

Kamis, 24 Januari 2013

EGOIS JIKA KEKURANGAN TIDUR


Kurang tidur ternyata bukan hanya menyebabkan stres atau masalah kesehatan lainnya tapi juga bisa membuat Anda egois.

Menurut penelitian baru dari University of California, Berkeley, Amerika Serikat menunjukkan kalau keegoisan pasangan Anda mungkin disebabkan akibat kurang tidur.

Studi ini memperlihatkan bagaimana tidur mempengaruhi sifat seseorang yang sudah menikah dan menemukan kalau kurang tidur bisa membuat pasangan berpisah akibat keegoisan salah satu pihak.

"Kurang tidur dapat membuat kita lebih egois seperti misalnya membuat kita memprioritaskan kebutuhan kita sendiri daripada kepentingan pasangan kita," kata Amie Gordon, seorang psikolog UC Berkeley.

Para peneliti mengatakan kalau ada bukti kuat kalau kurang tidur bisa mempengaruhi suasana hati pasangan dan kepekaannya, seperti dilansir Torontosun, Senin (21/1/2013)

Tidur malam yang buruk membuat seseorang tanpa disadari tidak terbiasa dengan suasana hati pasangan mereka dan kepekaannya.

Bagi banyak pasangan, malam hari bisa berubah menjadi medan pertempuran ketika pria mendengkur keras, kemudian saling tarik menarik selimut. Atau salah satu pasangan mengganggu pasangan lainnya yang sedang bekerja menggunakan laptop.

Gordon mencatat lebih dari 60 pasangan, dengan usia berkisar antara 18 sampai 56 tahun berpartisipasi dalam studi Gordon mengaku sulit tidur.

Dalam satu penelitian, peserta membuat catatan harian tentang pola tidurnya dan bagaimana istirahat malam yang baik atau buruk mempengaruhi apresiasi mereka terhadap kepentingan lainnya.

Dalam eksperimen lain, semua pasangan direkam untuk mengetahui penyebab suatu masalah. Mereka yang kurang tidur menunjukkan kalau perilaku mereka mulai berubah dan cenderung kurang menghargai pasangannya.

Gordon mempresentasikan penemuannya ini pada pertemuan tahunan Society for Personality and Social Psychologists in New Orleans.(Fit/Igw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar