>

Selasa, 08 Januari 2013

kenakalan remaja


Peran Orangtua Dalam Mencegah Kenakalan Remaja

Sebenarnya menjaga sikap dan tindak tanduk positif itu tidak hanya tanggung jawab para guru dan keluarganya, tetapi semua orang, Guru yang selalu mengusahakan keluarganya menjadi garda terdepan dalam memberikan pendidikan dengan sebuah contoh, adalah cerminan komitmen dan pendalaman makna dari seorang guru. Sang guru harus berusaha agar keluarganya baik dan tidak korupsi agar ia dapat mengajari kepada murid-muridnya yang merupakan remaja generasi penerus bangsa memiliki moral dan ahlak baik dan tidak korupsi, berusaha tidak berbohong agar murid-muridnya sebagai remaja yang baik tidak menjadi pendusta, tidak terjaebak dalam kenakalan remaja.
Orangtua punya peran yang sangat penting dalam mencegah kenakalan remaja. Merekalah yang paling mengenal karakter anak-anaknya. Seharusnya mereka jugalah yang paling dekat dan peduli. Namun sayang tidak semua orangtua memperhatikan anak remajanya.

Idealnya peran orangtua dalam mencegah kenakalan remaja yaitu dengan:
1. Membina dan membimbing mereka.
Sebagian orangtua beranggapan sekolah yang paling bertanggungjawab dalam mendidik anak-anak mereka. Tugas orangtua hanya membayar biaya sekolah dan memenuhi kebutuhan hidup untuk anak saja. Bahkan ada yang menjadikan sekolah seperti tempat penitipan anak karena orangtuanya sibuk bekerja semua.
Ada juga yang menganggap anak remaja mereka sudah besar jadi tidak perlu bimbingan lagi. Akhirnya anak remaja itu lebih banyak belajar dari teman dan lingkungan pergaulannya. Dari sinilah seorang remaja mengenal berbagai bentuk kenakalan yang bisa berujung kepada tindakan kriminal.

2. Menjadi teladan
Seorang bapak dan ibu semestinya menjadi tokoh teladan bagi anak-anaknya. Manusia adalah mahluk yang suka meniru tingkah polah manusia lainnya. Apalagi seorang anak yang sedang mencari jati dirinya.
Jika orangtuanya bisa menjadi teladan yang baik, anak akan mengikuti. Begitu juga sebaliknya bila bapak atau ibunya kurang bagus perilakunya. Seorang anak akan meniru bahkan bandelnya akan melebihi kenakalan orangtuanya.

3. Menyediakan lingkungan yang kondusif
Tugas orangtua adalah menyediakan lingkungan yang kondusif untuk tumbuh kembang anak. Dimulai dari memilih rumah dengan lingkungan pergaulan yang baik. Pilihlah sekolah yang bisa membentuk kepribadian anak. Bukan karena gengsi atau fasilitasnya saja yang mewah.
Begitu juga dengan siapa anak kita berteman, orangtua harus tahu dan memperhatikan. Jangan biarkan anak bergaul dengan sembarangan orang. Berikan pemahaman kepada anak untuk memilah dan memilih teman yang bisa membawa kebaikan.

4. Berikan bimbingan agama
Tugas orangtua adalah mengajarkan anaknya untuk menjadi hamba yang beriman. Tanpa iman mereka akan tersesat di jalan kehidupan. Jika mungkin bimbinglah langsung mereka. Kenalkan mereka dengan Allah SWT, ajarkan mereka sholat dan membaca Al Qur’an.
Kalau semua orangtua peduli dan mau meluangkan waktu untuk membimbing anaknya, kenakalan remaja akan berkurang. Remaja yang jago tawuran akan berganti menjadi remaja penuh dengan prestasi. Semoga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar